No image available for this title

Buku Teks

Pengaruh Penyuluhan Metode Video Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas 5 dan 6 SD dalam Mencegah Diare di SDN Tondo Tahun 2017



Pengaruh Penyuluhan Metode Video terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas 5 dan 6 SD dalam Mencegah Diare di SDN Tondo Tahun 2017
Susi Irmawati*, Rahma**, Hasannudin***
*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Dosen Pengajar Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
***Dosen Pengajar Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK
Latar Belakang: Diare didefinisikan sebagai buang air besar dengan volume, frekuensi, atau kecairan yang berlebihan. Insidensi penyakit diare di Indonesia untuk seluruh kelompok umur pada tahun 2013 adalah 3,5% dan angka prevalensi sebesar 7,0%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadiaan diare meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih. Faktor eksternal meliputi media massa. Berdasarkan faktor-faktor tersebut yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian tentang pengaruh penyuluhan metode pemutaran video tentang diare terhadap tingkat pengetahuan dan sikap dalam pencegahan diare anak usia sekolah dasar di SD Negeri Tondo.
Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan metode pemutaran video terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa dalam mencegah diare di SDN Tondo.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain One Group Pre Test Post Test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total sampling. Jumlah sampel 97 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan video. Pengaruh penyuluhan metode video terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa kelas 5 dan 6 SD dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil: Penyuluhan metode video memberikan pengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa kelas 5 dan 6 SD dalam mencegah diare dengan nilai (p=0,000).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna mengenai pengetahuan dan sikap tentang mencegah diare sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan metode video.
Kata Kunci: Diare, Pengetahuan, Sikap,Video,Usia Sekolah Dasar.






Ketersediaan

S-N10114003610My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 IRM p Skripsi 2018
Penerbit Studi Pendidikan Doker : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xv, 72 hlm.:ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this