No image available for this title

Buku Teks

HUBUNGAN ANTARA SARAPAN PAGI PADA SISWA SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU KELAS VIII DENGAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR



HUBUNGAN ANTARA SARAPAN PAGI PADA SISWA SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU KELAS VIII DENGAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR
Ngakan Wisnu Adhi Pradana*, Tri Setyawati **, Haerani Harun***
* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Biokimia. Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
*** Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang : Sarapan pagi memiliki peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah sehari-hari. Asupan gizi sarapan pagi yang cukup dapat menunjang aktivitas belajar anak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara sarapan pagi pada siswa SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu kelas 8 dengan kemampuan konsentrasi belajar.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian bersifat analitik yang menggunakan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik insidential sampling, dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan 93 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk menilai sarapan pagi dan kuis/latihan soal untuk menilai konsentrasi belajar. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan uji statistic chi square .

Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi sarapan dan konsentrasi yang signifikan (P=0,005) yang berarti bahwa terdapat hubungan bermakna mengenai sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar siswa siswi kelas 8 SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu.
Kesimpulan : Terdapat hubungan bermakna mengenai sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar siswa siswi kelas 8 SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu.


Kata Kunci : Sarapan Pagi, Konsentrasi Belajar.


Ketersediaan

S-N10114022My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 ADH h Skripsi 2018
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xiii, 55 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this