No image available for this title

Buku Teks

Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Siswa SDN Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah



Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Siswa SDN Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah
Chyntia Gayatri *, Sumarni **, Diah Mutiarasari ***
*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Bagian Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK

Latar Belakang: Gizi yang seimbang dapat meningkatkan ketahanan tubuh, kecerdasan dan menjadikan pertumbuhan yang normal. Seseorang yang sehat memiliki daya pikir dan daya kegiatan sehari-hari yang cukup tinggi, khususnya bagi anak sekolah, yang akan membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi dan intelektualnya. Peningkatan konsentrasi belajar dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya adalah makan pagi atau biasa disebut dengan sarapan. Sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif terhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, lebih peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar siswa SDN Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah.

Metode: Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Sampelnya adalah siswa kelas V dan VI SDN TONDO, dapat berkomunikasi dengan baik dan dalam keadaan sehat serta bersedia menjadi subjek penelitian. Penelitian dimulai dengan pembagian Informed Consent kepada siswa kelas V dan VI SDN TONDO, kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuesioner oleh para siswa dan terakhir dilakukan tes konsentrasi menggunakan grid concentration test.

Hasil: Dari hasil kuesioner didapatkan bahwa responden yang melakukan sarapan pagi sebanyak 53 siswa (53.5%) dan hasil penelitian tentang konsentrasi belajar didapatkan siswa dengan konsentrasi belajar paling banyak berada pada kategori konsentrasi sedang yaitu sebanyak 52 siswa (52.5%). Berdasarkan hasil korelasi didapat nilai signifikansi 0.003 < 0.05 yang berarti bahwa terdapat nilai signifikan hubungan antara sarapan pagi dengan konsentrasi belajar

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa di SDN Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah

Kata Kunci: Sarapan pagi, Konsentrasi belajar


Ketersediaan

S-N10114041610 GAY h Skripsi 2018My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 GAY h Skripsi 2018
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xv, 72 hlm.:ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this