No image available for this title

Buku Teks

Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS Pada Instalasi Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Pemerintah Wirabuana Palu Dengan Rumah Sakit Swasta Budi Agung Palu



Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS Pada Instalasi Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Pemerintah Wirabuana Palu Dengan Rumah Sakit Swasta Budi Agung Palu

Tirta Sari Putri Hutama*, Diah Mutiarasari**, Andi Nur Asrinawati***

* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
*** Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako


ABSTRAK
Latar Belakang : Industri jasa pelayanan dalam masyarakat tidak terlepas dari persaingan antar pelakunya, contohnya rumah sakit. Rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta merupakan salah satu bagian dari industri jasa pelayanan yang ada, namun citra dari rumah sakit daerah di mata masyarakat kurang baik dibandingkan dengan pelayanan kesehatan rumah sakit swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS pada instalasi rawat inap kelas III di Rumah Sakit Pemerintah Wirabuana Palu dan Rumah Sakit Swasta Budi Agung Palu.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasi dengan pendekatan analitik, dengan membedakan kepuasan pasien berdasarkan dimensi SERVQUAL yang meliputi tangible, reliability, assurance, responsiveness dan emphaty pada dua jenis Rumah Sakit yang berbeda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan 45 responden di rumah sakit pemerintah, dan 45 responden di rumah sakit swasta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan data statistik dengan Mann-whitney test.
Hasil : Terdapat perbedaan kualitas pelayanan dalam dimensi Reliability didapatkan hasil nilai p = 0,05.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan pada kepuasan pasien pada rumah sakit Pemerintah Wirabuana dan rumah sakit Swasta Budi Agung Palu
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien




Ketersediaan

S-N10114034610 PUT p Skripsi 2018My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 PUT p Skripsi 2018
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xvi, 77 hlm.:ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this