No image available for this title

Buku Teks

EFEKTIFITAS BELAJAR MANDIRI ANATOMI OLEH LECTURER ASISSTANT TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO



EFEKTIFITAS BELAJAR MANDIRI ANATOMI OLEH LECTURER ASISSTANT TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA

Yosfiah Asrizal Rewa*, Sarifuddin Anwar**

* Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK

Latar Belakang: Anatomi kedokteran merupakan pondasi dasar dalam pendidikan ilmu kedokteran dari semua cabang ilmu kedokteran. Sistem belajar anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako memiliki 3 tahapan, yakni sesi terbimbing, sesi mandiri dan ujian praktikum. Masalah yang sering dihadapi mahasiswa adalah sulit beradaptasi pada sistem pembelajaran. Hal ini dikarenakan sistem belajar anatomi di FK UNTAD diterapkan pada tahun pertama sehingga membuat mahasiswa kurang aktif dan percaya diri saat berdiskusi dengan dosen pada saat sesi terbimbing anatomi. Metode belajar oleh Lecturer Asisstant diharapkan dapat membuat mahasiswa tahun pertama lebih percaya diri dalam berdiskusi serta dapat membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah anatomi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas belajar mandiri anatomi oleh Lecturer Asistant terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 86 mahasiswa yang kemudian dibagi kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing – masing berjumlah 43 mahasiswa. Data yang dikumpulkan merupakan data primer berupa data nilai ujian praktikum anatomi. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan Uji Independent T Test.

Hasil: Pada penelitian ini didapatkan perubahan nilai anatomi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan masing – masing (Mean ± SD) 12.02 ± 29.04 dan 33.12 ± 28.62 dengan P-Value 0,001 (p


Ketersediaan

S-N10116011610 REW e Skripsi 2019My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 REW e Skripsi 2019
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xx, 47 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this