No image available for this title

Buku Teks

Pengembangan Metode Pembelajaran Peer-Mentoring dalam Praktikum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2020.



Pengembangan Metode Pembelajaran Peer-Mentoring dalam Praktikum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2020

Muhammad Fajri Manuntungi Luthfi* , Gabriella Bamba Ratih Lintin** , Indah Puspasari Kiay Demak*** , Muhammad Ardi Munir**

*Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
*** Medical Education Unit, Universitas Tadulako

ABSTRAK
Latar Belakang: Anatomi merupakan salah satu dasar pembelajaran kedokteran yang dilaksanakan dalam bentuk kuliah pakar (Lecture) dan praktikum anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Peer-Mentoring merupakan metode yang menggambarkan hubungan mahasiswa yang lebih berpengalaman membantu mahasiswa yang kurang berpengalaman untuk meningkatkan kinerja akademik secara keseluruhan dan memberikan saran, dukungan, dan pengetahuan kepada mentee. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengembangan Metode Pembelajaran Peer-Mentoring dalam Praktikum Anatomi terhadap peningkatan nilai praktikum anatomi mahasiswa FK UNTAD
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 156 mahasiswa yang dibagi kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan merupakan data primer berupa data nilai ujian praktikum anatomi. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrof, kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon dan uji Chi Square.
Hasil: Pada penelitian ini didapatkan perubahan rata-rata nilai tentamen pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan secara berurutan 24.30 dan 43.48 dengan Asymp. Sig. (2-Tailed) 0.024 (


Ketersediaan

S-N10118130610 MAN p Skripsi 2021My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 MAN p Skripsi 2021
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xxxiv, 28 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this