Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kesmas
ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN ANTARA PUSKESMAS TERAKREDITASI MADYA DENGAN PUSKESMAS TERAKREDITASI DASAR DI KOTA PALU
ABSTRAK
YESTRI NIVEN DELNAIGH DELIM, Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien antara Puskesmas Terakreditasi Madya dengan Puskesmas Terakreditasi Dasar di Kota Palu (di bawah bimbingan Vidyanto)
Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Mutu dari pelayanan di Puskesmas dapat diukur melalui 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan, yaitu dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Diketahui pada puskesmas terakreditasi madya pasien merasa kurang puas pada indikator bukti fisik dan ketanggapan petugas sedangkan pada Puskesmas terakreditasi dasar, pasien kurang puas pada indikator bukti fisik, empati, ketanggapan dan keandalan petugas sehingga ditemukan perbedaan penilaian kepuasan pasien dimana bergantung pada pelayanan yang diberikan pada masing-masing puskesmas dengan status akreditasi berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien antara Puskesmas terakreditasi madya dengan Puskesmas terakreditasi dasar di Kota Palu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study, besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Total sampel sebanyak 200 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kepuasan pasien antara puskesmas terakreditasi madya dengan dasar di Kota Palu dari dimensi bukti langsung (p=0,000), empati (p=0,000), keandalan (p=0,002), daya tanggap (p=0,002) dan kepastian (p=0,005). Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara Puskesmas terakreditasi madya dan Puskesmas terakreditasi dasar dengan kepuasan pasien di Kota Palu, sehingga disarankan agar puskesmas terakreditasi dasar dan madya di Kota Palu memperhatikan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Puskesmas Terakreditasi Madya, Puskesmas Terakreditasi Madya
Ketersediaan
S-P10117163 | 614 DEL a Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
614 DEL a Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xviii, 152 hlm,: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
614
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
YESTRI NIVEN DELNAIGH DELIM
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain