Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kesmas
DIMENSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI POLIKLINIK RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KABUPATEN DONGGALA
ABSTRAK
NUR IRSAN. Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala (di bawah bimbingan Vidyanto)
Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Mutu pelayanan kesehatan adalah alat ukur untuk memberikan penilaian dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan satu unsur upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan tahanan atau narapidana. Pelayanan kesehatan pada Poliklinik Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala belum memiliki izin praktek serta baru memiliki 1 tenaga perawat dan 1 tenaga dokter. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui mutu pelayanan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel sebanyak 77 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian dari dimensi keandalan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi ketanggapan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 4,01 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi jaminan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,94 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi empati analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dan dari dimensi bukti fisik analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,98 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian, dari mutu pelayanan pada Poliklinik Rutan Kelas IIB Kabupaten Donggala berdasarkan model SERVQUAL dapat dikatakan baik. Saran yaitu tetap meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan sehingga kebutuhan pasien dapat terpenuhi.
Kata Kunci: Dimensi Mutu, Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan
Ketersediaan
S-P10119141 | 614 IRS d Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
614 IRS d Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 92 hlm,: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
614
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
NUR IRSAN
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain