Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kesmas
HUBUNGAN STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MAMBORO DAN PUSKESMAS SINGGANI KOTA PALU
ABSTRAK
SALMA Hubungan Status Akreditasi Puskesmas Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mamboro Dan Puskesmas Singgani Kota Palu (dibawah bimbingan ibu Bertin Ayu Wandira).
Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Akreditasi puskesmas merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan. Salah satu cara mengetahui peningkatan mutu pelayanan dapat diukur melalui kepuasaan pasien. Pada tahun 2021 di Kota Palu didapatkan indeks kepuasaan masyarakat pada puskesmas akreditasi dasar (Puskesmas Singgani) lebih tinggi dibandingkan dengan indeks kepuasaan masyarakat pada puskesmas terakreditasi madya (Puskesmas mamboro). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Singgani dan Puskesmas Mamboro Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey analitic dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini yaitu pasien yang berkunjung di Puskesmas Mamboro sebanyak 72 responden dan Puskesmas Singgani sebanyak 28 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara status akreditasi (p = 0.034, sehingga p < 0.05) dengan kepuasan pasien di puskesmas mamboro (terakreditasi madya) dan puskesmas singgani (terakreditasi dasar). Sedangkan untuk variabel kepuasan berdasarkan 5 dimensi mutu pada dimensi tangible, reliability, dan assurance tidak ditemukan hubungan antara akreditasi puskesmas dengan kepuasan pasien. Perlu adanya peningkatan pelayanan bagi kedua puskesmas yaitu Puskesmas Mamboro dan Puskesmas Singgani yang tidak hanya sebatas pelayanan kesehatan saja tetapi secara menyeluruh seperti ketepatan waktu dan kecepatan dalam melayani pasien di loket pendaftaran dan setiap poli sehingga tidak mengakibatkan pasien menunggu terlalu lama dan pasien dapat merasa lebih puas dengan pelayanan yang diperoleh.
Kata Kunci: Akreditasi, Kepuasan, Mutu, Puskesmas.
Ketersediaan
S-P10119110 | 614 SAL h Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
614 SAL h Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xix, 115 hlm,: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
614
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
SALMA
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain