Detail Cantuman
Advanced SearchBuku Teks
Pengaruh Metode Pembelajaran Anatomi Berbasis Aplikasi Anatomi 3D Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2022.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ANATOMI BERBASIS APLIKASI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO ANGKATAN 2022
Fani Rahmadani*, Muh. Ardi Munir**, Sarifuddin**, Amirah Basry**
*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar belakang: Anatomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur mahluk hidup. Proses pembelajaran anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako dilaksanakan dalam kuliah pakar (lecture), praktikum anatomi, dan ujian. Seiring dengan berkembangnya teknologi seperti pada multimedia interaktif dan tablet, aplikasi atlas anatomi 3 dimensi (3D) diciptakan sebagai bahan pembelajaran baru untuk metode pembelajaran anatomi.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran anatomi berbasis 3D terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen menggunakan aplikasi anatomi 3D. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-smirnov, kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil: Kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test ke post-test adalah 12.88 ke 31.62 dengan nilai P < 0.050. Kelompok kontrol mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test ke post-test adalah 10.25 ke 23.67 dengan nilai P < 0.050. Rata-rata perubahan nilai pre-test ke nilai post-test kelompok kontrol (Metode konvensional) dan kelompok eksperimen (Menggunakan aplikasi anatomi 3D) secara berurutan adalah 13.42 dan 18.74.
Kesimpulan: Rata-rata perubahan hasil belajar yang lebih tinggi menunjukkan penggunaan aplikasi anatomi 3D lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Anatomi, hasil belajar, aplikasi anatomi 3D
Ketersediaan
S- N10120054 | 610 RAH p Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
610 RAH p Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
viii,62 hlm.: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
610
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Fani Rahmadani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain