Detail Cantuman
Advanced SearchBuku Teks
Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2022.
HUBUNGAN ANTARA SELF-DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
ANGKATAN 2022
Putri Aswariyah Ramli*., Sumarni**., Christin Rony Nayoan***., Ryka Marina Walanda ****
*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Gizi – Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
***Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
****Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang: Faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya prokrastinasi akademik salah satunya adalah kesiapan belajar mandiri. SDLR merupakan komponen penting dalam metode pembelajaran problem based learning (PBL). PBL dijadikan sebagai sebuah strategi pembelajaran dalam pendekatan kurikulum SPICES (Student-centered, Problem-based, Integrated Community-based, Elective Systematic/Structured).
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis observasional dengan pendekatan kuantitatif cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa preklinik angkatan 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang berjumlah 159 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022 yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi dengan metode pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearman.
Hasil: Hasil analisis univariat distribusi skor SDLR sebagian besar tinggi sebanyak 104 orang (68,0%) dan distribusi skor prokrastinasi akademik sebagian besar sedang sebanyak 103 orang (67,3%). Hasil uji korelasi diperoleh nilai p = 0,000 dengan kekuatan korelasi (r) adalah 0,412.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022.
Kata Kunci: Self-Directed Learning Readiness (SDLR), Prokrastinasi Akademik, Problem Based Learning (PBL)
Ketersediaan
S-N10120045 | 610 RAM h Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
610 RAM h Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xx, 84 hlm.:ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
610
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Putri Aswariyah Ramli.
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain