No image available for this title

Buku Teks

Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Angkatan 2022.



HUBUNGAN ANTARA SELF-DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO
ANGKATAN 2022

Putri Aswariyah Ramli*., Sumarni**., Christin Rony Nayoan***., Ryka Marina Walanda ****

*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Gizi – Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
***Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
****Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK

Latar Belakang: Faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya prokrastinasi akademik salah satunya adalah kesiapan belajar mandiri. SDLR merupakan komponen penting dalam metode pembelajaran problem based learning (PBL). PBL dijadikan sebagai sebuah strategi pembelajaran dalam pendekatan kurikulum SPICES (Student-centered, Problem-based, Integrated Community-based, Elective Systematic/Structured).
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis observasional dengan pendekatan kuantitatif cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa preklinik angkatan 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang berjumlah 159 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022 yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi dengan metode pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearman.
Hasil: Hasil analisis univariat distribusi skor SDLR sebagian besar tinggi sebanyak 104 orang (68,0%) dan distribusi skor prokrastinasi akademik sebagian besar sedang sebanyak 103 orang (67,3%). Hasil uji korelasi diperoleh nilai p = 0,000 dengan kekuatan korelasi (r) adalah 0,412.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako angkatan 2022.

Kata Kunci: Self-Directed Learning Readiness (SDLR), Prokrastinasi Akademik, Problem Based Learning (PBL)


Ketersediaan

S-N10120045610 RAM h Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 RAM h Skripsi 2023
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xx, 84 hlm.:ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this