Detail Cantuman
Advanced SearchBuku Teks
Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah.
ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Angeline Monica Simaremare1, Sarifuddin2, Ketut Suarayasa3, Miranti4
1. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
2. Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
3. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
4. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Kepuasan adalah perasan senang atau tidak kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil dengan harapan. Kepuasan pasien merupakan penilaian terhadap baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapannya.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 sampel dengan uji Fisher’s Exact
Hasil: Hasil pada penelitian didapatkan dimensi kehandalan nilai p-value 0,003, ketanggapan nilai p-value 0,000, jaminan nilai p-value 0,001, empati nilai p-value 0,040, dan bukti fisik nilai p-value 0,191. Tingkat kepuasan pasien 98%.
Kesimpulan: Terdapat hubungan pada dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dengan tingkat kepuasan pasien, sedangkan pada dimensi bukti fisik tidak terdapat hubungan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan; Kepuasan Pasien
Ketersediaan
S-N10120094 | 610 SIM a Skripsi 2023 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
610 SIM a Skripsi 2023
|
Penerbit | Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xvii, 93 hlm.: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
610
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Angeline Monica Simaremare.
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain