No image available for this title

Buku Teks

Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah.



ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Angeline Monica Simaremare1, Sarifuddin2, Ketut Suarayasa3, Miranti4
1. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
2. Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
3. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
4. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Kepuasan adalah perasan senang atau tidak kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil dengan harapan. Kepuasan pasien merupakan penilaian terhadap baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapannya.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Undata. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 sampel dengan uji Fisher’s Exact
Hasil: Hasil pada penelitian didapatkan dimensi kehandalan nilai p-value 0,003, ketanggapan nilai p-value 0,000, jaminan nilai p-value 0,001, empati nilai p-value 0,040, dan bukti fisik nilai p-value 0,191. Tingkat kepuasan pasien 98%.
Kesimpulan: Terdapat hubungan pada dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dengan tingkat kepuasan pasien, sedangkan pada dimensi bukti fisik tidak terdapat hubungan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan; Kepuasan Pasien


Ketersediaan

S-N10120094610 SIM a Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 SIM a Skripsi 2023
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xvii, 93 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this