No image available for this title

Buku Teks

Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di RSUD Anutapura Kota Palu.



ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD ANUTAPURA KOTA PALU
Dianta Dita Ayu Dewi Putri AD*, Sarifuddin**

* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako

ABSTRAK

Pendahuluan: Salah satu fasilitas Kesehatan yang memegang peran yang sangat penting adalah rumah sakit. Misalnya masalah Kesehatan yang terjadi di RSUD Anutapura Kota Palu mempengaruhi Indeks Kepuasan Masyarakat pada tahun 2020 hingga tidak memenuhi target Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Anutapura.
Tujuan: Mengetahui kualitas pelayanan Kesehatan serta kualitas pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di RSUD Anutapura Kota Palu.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 pasien yang memenuhi kriteria. Analisis bivariat menggunakan uji fisher exact test.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan memiliki nilai sig-p 0,001 < 0,05, ketanggapan memiliki nilai sig-p 0,004 < 0,05, jaminan memiliki nilai sig-p 0,136 > 0,05, empati memiliki nilai sig-p 0,098 > 0,05, dan bukti fisik memiliki nilai sig-p 0,279 > 0,05.
Kesimpulan: Kehandalan dan ketanggapan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Anutapura Kota Palu, sedangkan jaminan, empati dan bukti fisik tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Anutapura Kota Palu, diharapkan kepada pihak rumah sakit dapat meningkatkan kinerja rumah sakit dengan menyampaikan informasi tentang kondisi Kesehatan pasien dengan cara yang mudah dipahami, memberikan pelayanan yang tepat sehingga memberikan ketenangan pikiran pada pasien, menyediakan fasilitas rumah sakit yang nyaman, komunikasi yang santun dan cepat tanggap terhadap kebutuhan pasien.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, RSUD Anutapura Kota Palu


Ketersediaan

S-N10120030610 DEW a Skripsi 2024My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 DEW a Skripsi 2024
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
iii, 70 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this