Detail Cantuman
Advanced SearchBuku Teks
Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di RSUD Anutapura Kota Palu.
ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD ANUTAPURA KOTA PALU
Dianta Dita Ayu Dewi Putri AD*, Sarifuddin**
* Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
ABSTRAK
Pendahuluan: Salah satu fasilitas Kesehatan yang memegang peran yang sangat penting adalah rumah sakit. Misalnya masalah Kesehatan yang terjadi di RSUD Anutapura Kota Palu mempengaruhi Indeks Kepuasan Masyarakat pada tahun 2020 hingga tidak memenuhi target Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Anutapura.
Tujuan: Mengetahui kualitas pelayanan Kesehatan serta kualitas pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di RSUD Anutapura Kota Palu.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 pasien yang memenuhi kriteria. Analisis bivariat menggunakan uji fisher exact test.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan memiliki nilai sig-p 0,001 < 0,05, ketanggapan memiliki nilai sig-p 0,004 < 0,05, jaminan memiliki nilai sig-p 0,136 > 0,05, empati memiliki nilai sig-p 0,098 > 0,05, dan bukti fisik memiliki nilai sig-p 0,279 > 0,05.
Kesimpulan: Kehandalan dan ketanggapan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Anutapura Kota Palu, sedangkan jaminan, empati dan bukti fisik tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Anutapura Kota Palu, diharapkan kepada pihak rumah sakit dapat meningkatkan kinerja rumah sakit dengan menyampaikan informasi tentang kondisi Kesehatan pasien dengan cara yang mudah dipahami, memberikan pelayanan yang tepat sehingga memberikan ketenangan pikiran pada pasien, menyediakan fasilitas rumah sakit yang nyaman, komunikasi yang santun dan cepat tanggap terhadap kebutuhan pasien.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, RSUD Anutapura Kota Palu
Ketersediaan
S-N10120030 | 610 DEW a Skripsi 2024 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
610 DEW a Skripsi 2024
|
Penerbit | Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad., 2023 |
Deskripsi Fisik |
iii, 70 hlm.: ilus.; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
610
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Dianta Dita Ayu Dewi Putri AD.
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain