Detail Cantuman
Advanced Search
Laporan Akhir Keperawatan
EFEKTIVITAS EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN TANAMODINDI KOTA PALU
ABSTRAK
Efektivitas Edukasi Melalui Video Animasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa SDN Tanamodindi Kota Palu
Firyal Nailah Andini Enteding (2025)
Program Studi D-III Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Ns. Hasnidar, M.Kep
Indonesia merupakan negara yang sangat rentan terhadap bencana alam, termasuk gempa bumi, karena letak geografisnya yang berada di antara lempeng tektonik utama dan cincin api. Anak-anak menjadi kelompok yang sangat rentan saat terjadi bencana karena keterbatasan keterampilan dan sumber daya untuk mempersiapkan diri. Kurangnya pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi di kalangan siswa menjadi salah satu faktor tinggi nya korban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi melalui video animasi gempa bumi dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa SDN Tanamodindi Kota Palu. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan rancangan One Group Pre Test-Post Test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI SDN Tanamodindi yang berjumlah 102 orang. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa, ditentukan menggunakan rumus Slovin dan diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Pegumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan kesiapsiagaan. Analisis data dilakukan secara univariat untuk distribusi karakteristik responden dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test karena data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan edukasi (pretest) sebagian besar siswa 76% memiliki tingkat pengetahuan kesiapsiagaan yang kurang, dan 24% memiliki pengetahuan cukup. Setelah diberikan edukasi melalui video animasi (posttest, terjadi peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa, dimana 88% siswa memiliki pengetahuann baik dan 12% memiliki pengetahuan cukup. Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai p-value = 0.000 (< 0.05), yang mengindikasikan adanya perbedaan pengetahuan kesiapsiagaan siswa yang signifikan sebelum dan setelah diberikan edukasi. Edukasi melalui video animasi bencana gempa bumi efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa SDN Tanamodindi Kota Palu. Penelitian ini merekomendasikan pihak sekolah untuk terus memberikan edukasi dan simulasi bencana guna meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa.
Kata Kunci : Edukasi, Video Animasi, Gempa Bumi, Pengetahuan, Kesiapsiagaan, Siswa.
Ketersediaan
| L-N210122056 | 610.73 AND e Laporan Akhir Keperawatan 2025 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
610.73 AND e Laporan Akhir Keperawatan 2025
|
| Penerbit | Studi D-III Keperawatan : Fakultas Kedokteran Untad., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
xi, 61 hlm,: ilus.; 30 cm.
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
610.73
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
FIRYAL NAILAH ANDINI ENTEDING N21022056
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






