Detail Cantuman
Advanced Search
Skripsi Kedokteran
MODEL VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN USIA SEKOLAH DAN REMAJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KADER POSYANDU DI KELURAHAN MAMBORO
MODEL VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN USIA SEKOLAH DAN REMAJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KADER POSYANDU DI KELURAHAN MAMBORO
Siti Annisa Azzahra1, Ketut Suarayasa2, Elli Yane Bangkele2, Miranti2
1Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
2Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
Email: Sazahrazahraa24@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: Posyandu sebagai salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), berperan penting dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar, terutama untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Di Kota Palu, meskipun jumlah Posyandu terus meningkat, tantangan kualitas seperti kelengkapan sarana dan keterampilan kader masih ada. Dari 227 Posyandu di Kota Palu pada tahun 2024, sebagian besar berada di strata Madya (73) dan Pratama (25), dengan hanya 21 yang mencapai strata Mandiri. Transformasi layanan primer oleh Kementerian Kesehatan menekankan penguatan peran Posyandu dan kapasitas kader, khususnya dalam menangani masalah kesehatan remaja yang rentan terhadap perilaku berisiko.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengembangkan model video pembelajaran keterampilan kesehatan usia sekolah dan remaja bagi kader Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Mamboro, Palu.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan video pembelajaran, serta uji kelayakan awal yang dilakukan dengan mengumpulkan persepsi dari petugas kesehatan dan kader posyandu terhadap video pembelajaran tersebut.
Hasil: Video pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon positif dari kader posyandu. Persepsi kader dan petugas kesehatan menunjukkan bahwa video pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman kader terhadap keterampilan usia sekolah dan remaja, dengan fleksibilitas akses dan pengulangan yang mudah.
Kesimpulan: Model video pembelajaran keterampilan usia sekolah dan remaja yang dikembangkan dengan model ADDIE layak digunakan dan berpotensi untuk meningkatkan kompetensi kader Posyandu. Potensi penggunaan yang lebih luas memerlukan penelitian lanjutan untuk tahapan Evaluation.
Kata Kunci: Posyandu, video pembelajaran, Research and Development, kader posyandu
Ketersediaan
| S-N10122006 | 610 AZZ m Skripsi 2025 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
610 AZZ m Skripsi 2025
|
| Penerbit | Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
xviii, 98 hlm,: ilus.; 30 cm.
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
610 AZZ m
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
SITI ANNISA AZZAHRA
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






