No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI, AKTIVITAS FISIK, DAN SCREEN TIME TERHADAP STATUS GIZI PADA REMAJA DI SMAN 5 PALU



HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI, AKTIVITAS FISIK, DAN SCREEN TIME TERHADAP STATUS GIZI PADA REMAJA
DI SMAN 5 PALU

Hajjar Ustawana1, Junjun Fitriani2, Ria Sulistiana3, Rahma Badaruddin4

1 Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
2Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
3Departemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
4Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako


ABSTRAK

Latar Belakang: Gizi mencakup komponen esensial dalam makanan dan minuman. Status gizi dapat diukur melalui pengukuran berat dan tinggi badan. Remaja Kota Palu umumnya mengonsumsi makanan tinggi energi dan lemak dibandingkan makanan bergizi. Faktor pengetahuan gizi, aktivitas fisik, dan screen time berpengaruh terhadap status gizi remaja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi, aktivitas fisik, dan screen time terhadap status gizi pada remaja di SMAN 5 Palu.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan pengukuran indeks massa tubuh (berat dan tinggi badan). Sampel sebanyak 87 responden dipilih secara random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan Uji Spearman Rho.

Hasil: Mayoritas responden memiliki pengetahuan gizi cukup (47,1%), aktivitas fisik ringan (62,1%), dan screen time tinggi (88,5%). Status gizi responden underweight dan normal berjumlah (40,2%). Uji Spearman Rho menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi (p=0,586; r=0,059), aktivitas fisik (p=0,857; r=0,020), dan screen time (p=0,681; r=0,045) terhadap status gizi remaja.

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan gizi, aktivitas fisik, dan screen time terhadap status gizi.


Ketersediaan

S-N10122139610 UST h Skripsi 2025My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 UST h Skripsi 2025
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xix, 94 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610 UST h
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this