No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UNTAD



ABSTRAK



Latar Belakang. Konsep Self Directed Learning Readiness yang menuntut mahasiswa untuk siap dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar mereka sendiri dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengukur keberhasilan mahasiswa dalam meraih prestasi belajar di lingkungan belajarnya. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan SDLR dengan prestasi belajar dan gambaran SDLR mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tadulako.
Metode. Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional. Jumlah sampel 111 mahasiswa kedokteran tahun pertama yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil belajar. Hubungan SDLR dengan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil. Hasil analisis univariat distribusi skor SDLR diperoleh 68,5% mahasiswa dengan tingkat SDLR tinggi, dan 31,5% mahasiwa dengan tingkat SDLR sedang. Hasil uji korelasi diperoleh nilai p 0,013 dengan kekuatan korelasi (r) adalah 0,235.
Kesimpulan. Terdapat hubungan yang bermakna antara SDLR dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama. Namun hubungan ini masih lemah oleh karena banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.

Kata kunci: belajar mandiri, kesiapan, prestasi belajar




















ABSTRACT
Background. Self Directed Learning Readiness concept that requires students to be ready to plan, implement, and evaluate their own learning process can be used as a benchmark to measure the success of students in academic achievement in the learning environment.
Purpose. The research was conducted to analyze the relationship of SDLR with academic achievement and pattern of SDLR for the first year student in Medical School of Tadulako University.
Method. It is an analitic study with cross-sectional design. Subject are 111 first year medical student in Medical School of Tadulako University according to inclusion and exclusion criteria. Instrument research using questionnaires and documentation of learning outcomes. The correlation between the SDLR with academic achievement were analyzed using Spearman correlation test. Results. The results of univariate analysis of the scores distribution obtained SDLR 68.5% of students with high SDLR level, and 31.5% of students with SDLR level. The results obtained correlation test p-value of 0.013 with strength of correlation (r) was 0.235.
Conclusion. There is a significant correlation between SDLR and academic achievement of the first year medical student. However, this relationship is still weak because of the multitude of factors that may affect the academic achievement of the students.

Keywords: self-directed learning, readiness, academic achievement


Ketersediaan

N 101 10 002371.394 4 PAS hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 4 PAS h
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiii , 41 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394 4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiii , 41 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this