Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kesmas
PELAKSANAAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 SEBAGAI JAMINAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU
ABSTRAK
AGNES AYU KUSUMANINGRUM. Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Sebagai Jaminan Mutu Pelayanan di Puskesmas Birobuli Kecamatan Palu Selatan Kota Palu (di bawah bimbingan Hermiyanty dan Sudirman).
Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Oktober 2016
ISO 9001 terus berkembang dan mengalami revisi untuk mencapai tujuan mutu. Puskesmas Birobuli Palu telah tersertifikasi ISO 9001:2008 sejak tahun 2007, namun dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan baik seperti kurangnya kepuasan pasien, rendahnya komitmen organisasi, pelayanan belum sesuai prosedur, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan 8 (delapan) prinsip sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sebagai jaminan mutu pelayanan di Puskesmas Birobuli Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini yaitu informan kunci terdiri dari 2 orang, informan biasa terdiri dari 6 orang dan informan tambahan terdiri dari 7 orang. Hasil penelitian yaitu fokus pada pelanggan telah berjalan dengan baik, kepemimpinan kurang maksimal dalam meningkatkan komitmen pegawai secara personal, keterlibatan sumber daya manusia perlu ditingkatkan, pendekatan proses kurang konsisten terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP), pendekatan sistem telah berjalan dengan baik, peningkatan berkesinambungan cukup baik dengan dilakukannya audit mutu internal, pengambilan keputusan telah berdasarkan pada fakta, dan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok perlu untuk ditingkatkan. Diharapkan terciptanya komitmen seluruh sumber daya manusia dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan Puskesmas dapat dikelola melalui Badan Layanan Umum (BLU) sehingga memiliki manajemen sendiri dalam pengelolaan keuangannya.
Kata Kunci: Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008
ABSTRACT
AGNES AYU KUSUMANINGRUM. Implementation of the Quality Management System ISO 9001:2008 as the Quality Assurance Services in Birobuli Local Government Clinic of Palu South District, Palu City (Under Supervisor of Hermiyanti and Sudirman)
Specialization Administration and Health Policy
Public Health Study Program
Medicine and Health Service Faculty
Tadulako University
October 2016
ISO (International Organization for Standardization) 9001 is constantly evolving and revised to achieve quality objectives. Birobuli local government clinic Palu has been certified ISO 9001:2008 since 2007, but in practice has not run well as a lack of patient satisfaction, low organizational commitment, yet appropriate service procedures and etc. The purpose of this research is to investigate the implementation of 8 (eight) principles of quality management system ISO 9001:2008 as a quality assurance services in Birobuli local government clinic with qualitative research type. The number of informants in this research was the key informants consisted of 2 people, ordinary informants consisted of 6 people and additional informants consisted of 7 people. The results of research focused on the customer had been running well, leadership was enough in improving employee commitment personally, the involvement of human resources needed to be increased, the process approach was less consistent with the standart operating procedure (SOP), systems approach has worked well, continual improvement was good enough to make internal quality audit, decision-making based on facts, and mutually beneficial relationships with suppliers needed to be improved. It is expected the creation of the all the human resources commitment in the implementation of quality management system ISO 9001:2008 and local government clinic can be managed through Public Service Agency that has own management in the management of its finances.
Keywords: Quality Management System, ISO 9001:2008
Ketersediaan
SKM20160149 | N 201 12 027 KUS p | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
N 201 12 027 KUS p
|
Penerbit | KESMAS : Palu., 2016 |
Deskripsi Fisik |
xvii , 99 hlm ; 29 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
xvii , 99 hlm ; 29 cm
|
Pernyataan Tanggungjawab |
AGNES AYU KUSUMANINGRUM N 201 12 027
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain